TUGAS KARYA ILMIAH


TUGAS KARYA ILMIAH MASALAH SOSIAL YANG 
TERJADI DISEKITAR LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL





Pemabahasan tentang Sampah

DI SUSUN OLEH : BAGUS PRAYOGO




KATA PENGANTAR


Puji  Syukur  kita  panjatkan  ke-hadirat  Allah  Yang  Maha  Esa,  karena  atas  berkat  rahmat dan karunia-Nyalah, Dengan  membuat  tugas  ini  saya  berharap kita  semua lebih mampu mengenal masalah  sampah  dan  berbagai bahaya  yang  dapat  ditimbulkannya,  yang  merupakan  salah  satu  alasan yang selalu diperbincangkan oleh masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Saya  sadar,  sebagai  seorang  pelajar  yang  masih  dalam  proses  pembelajaran,  penulisan karya  ilmiah ini  masih  banyak  kekurangannya.  maka dari itu saya  sangat  mengharapkan  adanya  kritik  dan saran  yang  bersifat  positif,  guna  penulisan  karya  ilmiah yang  lebih  baik  lagi  di  masa  yang  akan datang.

Harapan  saya,  semoga  karya  ilmiah yang saya tulis ini dapat  memberi  kesadaran   bagi generasi  muda tentang kebersihan lingkungan tempat tinggal.
Jakarta , Oktober 2014Penulis

DAFTAR ISI 

KATA PENGANTAR .............................................................................           i
DAFTAR ISI    .........................................................................................        ii
BAB       I        PENDAHULUAN ...........................................................           1
            A.     Latar Belakang ..........................................................                               1
            B.     Rumusan Masalah .....................................................                               2
            C.     Tujuan Penelitian ......................................................                                2
            D.     Manfaat Penelitian ....................................................                               3

BAB       II       TINJAUAN PUSTAKA ...................................................                        4
 1.  Pengertian Sampah ..............................................                                      5 
  2. Dampak Sampah ......................................................................................  6      
 3. Bahaya Sampah ............................... ........                                                  7          
 4.Usaha pengendalian...........................................                                          8
 5.Peran pemerintah .....................................................................................    9


BAB       III    PENUTUP........................................................................             10
Kesimpulan...............................................................                                             11                                
Saran .....................................................................................................               12


BAB I PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Salah  satu  faktor  yang  menyebabkan  rusaknya  lingkungan  hidup  yang  sampai  saat ini  masih tetap  menjadi  alasan  bagi  bangsa  Indonesia  adalah  faktor  pembuangan limbah  sampah plastik yang organik maupun not organik.  Kantong  plastik  telah  menjadi  sampah  yang  berbahaya  dan  sulit  dikelola.  Manusia memang  dianugerahi  Panca  Indera  yang  membantunya  mendeteksi berbagai  hal  yang  mengancam hidupnya.  Namun  di  dalam  dunia  modern  ini  muncul  berbagai  bentuk  ancaman  yang  tidak terdeteksi  oleh  panca  Indera  kita,  yaitu  berbagai  jenis  racun  yang  dibuat  oleh  manusia  sendiri.

Sebenarnya masalah masalah sosial tersebut terjadi karena kelalaian kita sebagai masyarakat yang hidup di era modern ini . banyak masalah yang ditimbulkan dari sampah sampah tersebut , diantaranya masalah kesehatan , masalah kebersihan dan masalah keindahan lingkungan yang disekitar kita.

B.     RUMUSAN  MASALAH


Berdasarkan  latar  belakang  diatas,  maka  rumusan  masalah  pada  penelitian  ini  adalah :
1.      Apakah  yang  di  maksud  dengan  sampah?
3.      Bagaimana  dampak  sampah  bagi  kehidupan?
4.      Bagaimana  bahaya  sampah  plastic  bagi  kesehatan  dan  lingkungan?
5.      Bagaimana  cara  mengurangi  sampah?

C.    TUJUAN PENELITIAN:


untuk mengetahui lebih jauh sampah sampah yang merugikan kehidupan di bumi ini,  Bahaya sampah sangat berpengaruh terhadap kehidupan ini. bahaya racun yang ditimbulkan sampah.

Penguraian  plastic  akan  melepaskan  berbagai  jenis  logam  berat  dan  bahan  kimia  lain  yang dikandungnya.  Bahan  kimia  ini  terlarut  dalam  air  atau  terikat  di  tanah,  dan kemudian  masuk  ke tubuh  kita  melalui  makanan  dan  minuman.

D.    MANFAAT  PENELITIAN

Dapat  mengetahui  sampah  yang  ada  di  masyakarakat,  bagian - bagiannya,  dampak  yang ditimbulkannya,  bahayanya  bagi  kesehatan  dan  lingkungan  khususnya  sampah  plasik,  cara mengurangi dan penanggulannya

BAB II  TINJAUAN PUSTAKA

1. Pengertian Sampah

     Sampah  adalah  bahan  yang  tidak  mempunyai  nilai  atau  tidak  berharga  untuk maksud  biasa atau  utama  dalam  pembikinan  atau  pemakaian  barang  rusak  atau  bercacat  dalam  pembikinan manufaktur  atau  materi  berkelebihan  atau  ditolak  atau  buangan”. Sampah  adalah  suatu  bahan  yang terbuang  atau  dibuang  dari  sumber  hasil  aktivitas  manusia  maupun  proses  alam  yang  belum memiliki  nilai  ekonomis.”  (Istilah  Lingkungan untuk  Manajemen,  Ecolink,  1996).  Berangkat  dari pandangan  tersebut  sehingga  sampah  dapat  dirumuskan  sebagai  bahan  sisa  dari  kehidupan sehari – hari  masyarakatat  ini  masih  tetap  menjadi  “PR”  besar  bagi  bangsa  Indonesia  adalah  faktor  pembuangan limbah  sampah  plastik.  Kantong  plastic  telah  menjadi  sampah  yang  berbahaya  dan  sulit dikelola.
    Diperlukan  waktu  puluhan  bahkan  ratusan  tahun  untuk  membuat  sampah  bekas  kantong plastic  itu  benar - benar  terurai.  Namun  yang  menjadi  persoalan  adalah  dampak  negatif sampah plastic  ternyata  sebesar  fungsinya  juga.  Dibutuhkan  waktu  1000  tahun  agar  plastik  dapat  terurai oleh  tanah  secara  terdekomposisi  atau  terurai  dengan  sempurna.  Ini adalah  sebuah  waktu  yang sangat  lama.  Saat  terurai,  partikel - partikel  plastik  akan  mencemari  tanah  dan  air  tanah.
      Jika  dibakar,  sampah  plastic  akan  menghasilkan  asap  beracun  yang  berbahaya  bagi kesehatan  yaitu  jika  proses  pembakaranya  tidak  sempurna,  plastik  akan  mengurai  di  udara sebagai  dioksin.  Senyawa  ini  sangat  berbahaya  bila  terhirup  manusia.  Dampaknya  antara lain memicu  penyakit  kanker,  hepatitis,  pembengkakan  hati,  gangguan  system  saraf  dan  memicu depresi.  Kantong  plastic  juga  penyebab  banjir,  karena  menyumbat  saluran - saluran  air,  tanggul. Sehingga  mengakibatkan  banjir  bahkan  yang  terparah  merusak  turbin waduk.
     Sejak  proses  produksi  hingga  tahap  pembuangan,  sampah  plastic  mengemisikan  gas rumah kaca  ke  atmosfer.  Kegiatan  produksi  plastic  membutuhkan  sekitar  12  juta  barel  minyak dan  14  juta  pohon  setiap  tahunnya.  Proses  produksinya  sangat  tidak  hemat  energi.  Pada tahap pembuangan  di  lahan  penimbunan  sampah  (TPA),  sampah  plastik  mengeluarkan  gas rumah kaca.

2. Dampak  Sampah  bagi  Manusia  dan  lingkungan
Sudah  kita  sadari  bahwa  pencemaran  lingkungan  akibat  perindustrian  maupun  rumah tangga  sangat  merugikan  manusia,  baik  secara  langsung  maupun  tidak  langsung.  

Dampak  bagi  kesehatan
Potensi  bahaya  kesehatan  yang  dapat  ditimbulkan  adalah  sebagai  berikut:Lokasi  dan  pengelolaan  sampah  yang  kurang  memadai  (pembuangan  sampah  yang  tidak terkontrol)  merupakan  tempat  yang  cocok  bagi  beberapa  organisme  dan  menarik  bagi  berbagai binatang  seperti  lalat  dan  anjing  yang  dapat  menimbulkan  penyakit.

     Penyakit  diare,  kolera,  tifus  menyebar  dengan  cepat  karena  virus  yang  berasal  dari  sampah dengan  pengelolaan  tidak  tepat  dapat  bercampur  air  minum.  Penyakit demam berdarah dapat  juga  meningkat  dengan  cepat  di  daerah  yang  pengelolaan sampahnya  kurang  memadai.  Penyakit  jamur  dapat  juga  menyebar  (misalnya  jamur  kulit). dan banyak lagi kerugian yang ditimbulkan.

Dampak  Terhadap  Lingkungan
Cairan  rembesan  sampah  yang  masuk  ke  dalam  drainase  atau  sungai  akan  mencemari air. Berbagai  organisme  termasuk  ikan  dapat  mati  sehingga  beberapa  spesies  akan  lenyap, hal  ini  mengakibatkan  berubahnya  ekosistem  perairan  biologis.  Penguraian  sampah  yang dibuang  ke  dalam  air  akan  menghasilkan  asam  organic  dan  gas - cair  organik,  seperti  metana.

Dampak  terhadap  keadaan social  dan  ekonomi
Pengelolaan  sampah  yang  kurang  baik  akan  membentuk  lingkungan  yang  kurang menyenangkan  bagi  masyarakat:  bau  yang  tidak  sedap  dan  pemandangan  yang  buruk karena  sampah  bertebaran  dimana - mana.
 Memberikan  dampak  negatif  terhadap  kepariwisataan.
Pengelolaan  sampah  yang  tidak  memadai  menyebabkan  rendahnya  tingkat  kesehatan masyarakat.  Hal  penting  di  sini  adalah  meningkatnya  pembiayaan  secara  langsung  (untuk mengobati  orang  sakit)  dan  pembiayaan  secara  tidak  langsung  (tidak  masuk  kerja, rendahnya  produktivitas).
   Pembuangan  sampah  padat  ke  badan  air  dapat  menyebabkan  banjir  dan  akan  memberikan dampak  bagi  fasilitas  pelayanan  umum  seperti  jalan,  jembatan,  drainase,  dan  
lain - lain.

3. Bahaya  Sampah  Plastik  bagi  Kesehatan  dan  Lingkungan

NETIZEN   Salah  satu  faktor  yang  menyebabkan  rusaknya  lingkungan  hidup  yang  sampai saat  ini  masih  tetap  menjadi  alasan besar  bagi  masyarakat adalah  faktor  pembuangan limbah  sampah  plastik.  Kantong  plastik  telah  menjadi  sampah  yang  berbahaya  dan  sulit dikelola.
Diperlukan  waktu  puluhan  bahkan  ratusan  tahun  untuk  membuat  sampah  bekas  kantong plastic  itu  benar - benar  terurai.  Namun  yang  menjadi  persoalan  adalah  dampak  negatif sampah plastic  ternyata  sebesar  fungsinya  juga.  Dibutuhkan  waktu  1000  tahun  agar  plastik  dapat  terurai oleh  tanah  secara  terdekomposisi  atau  terurai  dengan  sempurna.  Ini adalah  sebuah  waktu  yang sangat  lama.  Saat  terurai,  partikel - partikel  plastik  akan  mencemari  tanah  dan  air  tanah.
Jika  dibakar,  sampah  plastic  akan  menghasilkan  asap  beracun  yang  berbahaya  bagi kesehatan  yaitu  jika  proses  pembakaranya  tidak  sempurna,  plastik  akan  mengurai  di  udara sebagai  dioksin.  Senyawa  ini  sangat  berbahaya  bila  terhirup  manusia.  Dampaknya  antara lain memicu  penyakit  kanker,  hepatitis,  pembengkakan  hati,  gangguan  system  saraf  dan  memicu depresi.  Kantong  plastic  juga  penyebab  banjir,  karena  menyumbat  saluran - saluran  air,  tanggul. Sehingga  mengakibatkan  banjir  bahkan  yang  terparah  merusak  turbin waduk.

4.      Usaha  Pengendalian  Sampah


Untuk  menangani  permasalahan  sampah  ecara  menyeluruh  perlu  dilakukan  alternatif pengolahan  yang  benar.  Teknologi  landfill  yang  diharapkan  dapat  menyelesaikan  masalah lingkungan  akibat  sampah,  justru  memberikan  permasalahan  lingkungan  yang  baru. Kerusakan tanah,  air  tanah,  dan air  permukaan  sekitar  akibat  air  lindi,  sudah  mencapai  tahap  yang membahayakan  kesehatan  masyarakat,  khususnya  dari  segi  sanitasi  lingkungan

Gambaran  yang  paling  mendasar  dari  penerapan  teknologi  lahan  urug  saniter  (sanitary landfill)  adalah  kebutuhan  lahan  dalam  jumlah  yang  cukup  luas  untuk  tiap  satuan  volume sampah yang  akan  diolah.  Teknologi  ini  memang  direncanakan  untuk  suatu  kota  yang memiliki  lahan dalam  jumlah  yang  luas  dan  murah.

Selain usaha diatas kita sebagai masyarakat mampu sadar dan peka terhadap lingkungan sekitar tempat tinggal untuk menjadi indvidu yang lebih kreatif dimasa mendatang dan memberikan kreativitas untuk menghasilkan suatu produk yang dapat dijadikan suatu benda yang berguna dari sampah sampah tersebut.

5. Peran  Pemerintah  dalam  Menangani  Sampah

Dari  perkembangan  kehidupan  masyarakat  dapat  disimpulkan  bahwa  penanganan masalah sampah  tidak  dapat  semata - mata  ditangani  oleh  Pemerintah  Daerah  (Pemerintah Kabupaten/Kota).  

Pada  tingkat  perkembangan  kehidupan  masyarakat  dewasa  ini memerlukan pergeseran  ke  pendekatan  sumber  dan  perubahan  paradigma  yang  pada gilirannya  memerlukan adanya  campur  tangan  dari  Pemerintah. Pengelolaan  sampah  meliputi  kegiatan  pengurangan, pemilahan,  pengumpulan,  pemanfaatan,  pengangkutan,  pengolahan. 

Mungkin Pemerintah sudah mulai membaik dari zaman ke zaman untuk mampu terjun langsung menelusuri permasalahan sampah di ibu kota ini dengan memberikan grup grup pengangkut sampah bagi setiap RT/RW di lingkungan perumahan sekitar warga.

                                 BAB III  PENUTUP

A.    Kesimpulan

Berdasarkan  hasil  penelitian  tentang  sampah  yang  ada  di  masyarakat  dapat  disimpulkan  sebagai  berikut :
1.      Sampah  adalah  suatu  bahan  yang  terbuang  atau  dibuang  dari  sumber  hasil  aktivitas manusia  maupun proses  alam  yang  belum  memiliki  nilai  ekonomis.
2.      Pembakaran  plastik  menghasilkan  salah  satu  bahan  paling  berbahaya  di  dunia,  yaitu  Dioksin.  Selain dioksin,  abu  hasil  pembakaran  juga  berisi  berbagai  logam berat  yang  terkandung  di  dalam  plastik.
3.      Penyakit  diare,  kolera,  tifus  menyebar  dengan  cepat  karena  virus  yang  berasal  dari sampah  dengan pengelolaan  tidak  tepat  dapat  bercampur  air minum.
4. Sampah sangat menimbulkan berbagai penyakit bagi kesehatan
5.      Cairan  rembesan  sampah  yang  masuk  ke  dalam  drainase  atau  sungai  akan mencemari  air.  Berbagai organisme  termasuk  ikan  dapat  mati  sehingga  beberapa spesies  akan  lenyap,  hal  ini  mengakibatkan berubahnya  ekosistem  perairan  biologis.
6.      Pembuangan  sampah  padat  ke  badan  air  dapat  menyebabkan  banjir  dan  akan  memberikan  dampak bagi  fasilitas  pelayanan  umum   seperti  jalan,  jembatan,  drainase,  dan  lain - lain.

B.     Saran

1.      Cara  pengendalian  sampah  yang  paling  sederhana  adalah  dengan  menumbuhkan  kesadaran dari  dalam  diri  untuk  tidak  merusak  lingkungan  dengan  sampah.  Selain  itu diperlukan control  sosial  budaya  masyarakat  untuk  lebih  menghargai  lingkungan
2.      Keberadaan  Undang  -  Undang  persampahan  dirasa  sangat  perlukan.  Undang  -  Undang  ini akan  mengatur  hak,  kewajiban,  wewenang,  fungsi  dan  sanksi  masing  -  masing  pihak.  UU juga  akan  mengatur  soal  kelembagaan  yang  terlibat  dalam  penanganan  sampah. 
3.  Demikian  pula  pengembangan  sumber  daya  manusia  (SDM) Mengubah  budaya  masyarakat soal  sampah  bukan  hal mudah.  Sebaiknya budaya terhadap lingkungan diterapkan










Comments

Popular posts from this blog

Tugas 3 Sistem Input/Output Pada Komputer

Rectifier (Penyearah Gelombang) dan Jenis-jenisnya

SCR (Silicon Controlled Rectifier) dan Prinsip Kerjanya