TUGAS 2CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU) : BAGIAN FUNDAMENTAL PADA SEBUAH KOMPUTER

CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU)

Data bus
 
Arsitektur dasar mesin tipe Von Neumann menjadi kerangka referensi pada komputer digital umum (general-purpose) modern. 3 bagian fundamental tersebut adalah :

Sebuah mesin tipe von neumann

Konsep untuk memiliki sebuah program yang tersimpan dalam memori komputer umumnya dihubungkan dengan John von Neumann. Pada awal tahun 1950-an dia dan teman sejawatnya di InstituteforAdvancedStudy Universitas Princeton membangun sebuah mesin  yang sekarang disebut sebagai mesin von Neum Arsitektur dasar mesin  ini  masih menjadi kerangka referensi pada komputer digital umum (general-purpose) modem.

Program disimpan dalam unit memori utama yang berhadapan dengan piranti I/O melalui CPU. CPU membaca dari atau menulis ke memori, dengan mengirimkan alamat word ke unit memori melalui bus address kemudian menerima atau mengirimkan data melalui bus data. Data dipertukarkan antara CPU dan Unit I/O juga dengan menggunakan bus data. Operasi disinkronisasikan oleh dua bus control dengan sinyal kendali yang dikirimkan oleh CPU dan sinyal acknowledgment serta sinyal interupsi yang diterima oleh CPU.

Eksekusi  program  yang  telah  tersimpan  secara  logis  dilakukan  sebagai
berikut:

1.    CPU mem-fetch instruksi berikutnya dari memori.
2.    CPU men-decode instruksi.
3.   Berdasarkan instruksi, CPU rnengeluarkan sinyal kendali untuk mem-fetch operand lainnya jika  diperlukan dan kemudian akan melaksanakan salah satu tindakan berikut ini:
(a)  Melakukan operasi aritmatika atau logika. 
(b)  Menyimpan sebuah hasil ke dalam memori.
(c)  Membaca sebuah hasil dari atau menuliskan hasil ke piranti 1/0.
4 CPU kembali ke langkah pertama dan melanjutkan proses hingga program diberhentikan.
Setiap CPU dibuat untuk melaksanakan sekumpulan operasi-mikro tertentu.Rangkaian operasi-operasi tersebut, disebut sebagai instruksi  mesin, digunakan untuk memprogram komputer. CPU menjalankan setiap instruksi mesin dengan menjalankan serangkaian operasi-mikro yang tepat. Subkelompok operasi• yang dipilih untuk pelaksanaan instruksi tertentu, didasarkan pada intep instruksi dan ditentukan selama proses perancangan komputer. CPU terbentuk atas tiga bagian utama: kumpulan  register,  unit aritmatika dan logika (ALU atau arithmetic and logic unit) dan unit kendali logika ( atau control logic unit).  Kumpulan register tersebut menyimpan inform mentara yang diperlukan untuk melaksanakan sebuah instruksi atau kum instruksi (program). ALU menggunakan nilai-nilai yang tersimpan dalam pulan register untuk melakukan operasi aritmatika dan logika. CLU menge kan sistem dalam dua cara:

1.  Dengan mengarahkan transfer ke dan dari register baik ke maupun memori, ALU dan register lainnya.
2.   Dengan memerintahkan ALU ke operasi yang akan dijalankan.

Secara umum, ketiga bagian CPU tersebut dihubungkan seperti tampak pada Gambar di bawah. Berdasarkan rancangan dan kemampuan sebuah komputer, bagian CPU tersebut mempunyakompleksitayang bervariasi.


catsa

Referensi :
Ricky Staff Gunadarma, sa. “CPU.” Control Processing Unit. N.p., 28 Februari 2011. Web. 15 Nov 2013. <http://ricky.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/21939/5 CPU.doc>.
9Triliun.com, WordPress. “Fungsi Komputer.” Fungsi Komputer. N.p., 14 Juni 2013. Web. 15 Nov 2013. <http://9triliun.com/artikel/1202/fungsi-komputer.html&gt;.
Karang Taruna Bhakti Bulang, Blogspot. “Memahami Pengertian CPU / Komputer secara umum.”Memahami Pengertian CPU / Komputer secara umum. N.p., 7 november 2013. Web. 15 Nov 2013. <http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/11/memahami-pengertian-cpu-komputer-secara-umum.html&gt;.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 3 Sistem Input/Output Pada Komputer

Rectifier (Penyearah Gelombang) dan Jenis-jenisnya

SCR (Silicon Controlled Rectifier) dan Prinsip Kerjanya