Tugas softskill pendidikan Kewarganegaraan minggu ke- 1

1. Apa yang menjadi tujuan utama dari Pendidikan Kewarganegaraan dilihat dari sudut mahasiswa ?

Generasi penerus melalui pendidikan kewarganegaraan diharapkan akan mampu mengantisipasi hari depan yang senantiasa berubah dan selalu terkait dengan konteks dinamika budaya, bangsa, negara, dan hubungan internasional serta memiliki wawasan kesadaran bernegara untuk bela negara dan memiliki pola pikir, pola sikap dan perilaku yang cinta tanah air berdasarkan Pancasila. Semua itu diperlakukan demi tetap utuh dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tujuan utama pendidikan kewarganegaraan adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap serta perilaku yang cinta tanah air, wawasan nusantara, serta ketahanan nasional dalam diri warga negara Republik Indonesia. Selain itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang berbudi luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab, dan produktif serta sehat jasmani dan rohani.

Pengembangan nilai, sikap, dan kepribadian diperlukan pembekalan kepada peserta didik di Indonesia yang diantaranya dilakukan melalui Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar, dan Ilmu Alamiah Dasar (sebagai aplikasi nilai dalam kehidupan) yang disebut kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MKPK) dalam komponen kurikulum perguruan tinggi.

Hak dan kewajiban warga negara, terutama kesadaran bela negara akan terwujud dalam sikap dan perilakunya bila ia dapat merasakan bahwa konsepsi demokrasi dan hak asasi manusia sungguh–sungguh merupakan sesuatu yang paling sesuai dengan kehidupannya sehari–hari. Akan Muncul dari pengetahuan ini. Mahasiswa adalah bibit unggul bangsa yang di mana pada masanya nanti bibit ini akan melahirkan pemimpin dunia. Karena itulah diperlukan pendidikan moral dan akademis yang akan menunjang sosok pribadi mahasiswa. Kepribadian mahasiswa akan tumbuh seiring dengan waktu dan mengalami proses pembenahan, pembekalan, penentuan, dan akhirnya pemutusan prinsip diri. Kesadaran masyarakat masa datang ini diharapkan memahami pentingnya ilmu yang cukup untuk dapat membentuk kokohnya pendirian suatu Negara.

2. Pendidikan Kewarganegaraan yang berhasil akan membuahkan sikap mental yang cerdas, penuh rasa tanggung jawab dari peserta didik. Sikap ini disertai perilaku yang:
  1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha esa serta menghayati nilai-nilai falsafah bangsa.
  2. Berbudi pekerti luhur, berdisiplin dalam masnyarakat berbangsa dan bernegara.
  3. Rasional, dinamis, dan sabar akan hak dan kewajiban warga negara.
  4. Bersifat profesional yang dijiwai oleh kesadaran bela negara.
  5. Aktif memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk kepentingan kemanusiaan, bangsa dan negara.
Jelaskan makna tiap butir-butir di atas?

1.       Dalam proses pembelajaran ini agar membuahkan hasil yg baik kita tidak boleh lupa untuk menjujung tinggi nilai agama dan syariatnya. Dan memahami falsafah bangsa agar menumbuhkan mental yang memiliki podasi yang kuat.

2.       Berbudi pekerti luhur, berdisiplin dalam masnyarakat .menggambarkan kita sebagai warga Negara yang memahami dan menjalankan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

3.       Rasional, dinamis, dan sabar adalah ciri-ciri dari warga Negara yang baik dengan mental dan sikap yang berakhlak.

4.       Professional dalam bela Negara menunjukan cinta tanah air.

5.       Aktif dalam bidang IPTEK demi memajukan dan mengharumkan nama bangsa mencerminkan cinta tanah air.

3. Apa yang akan anda lakukan agar menjadi warga Negara yang baik dan konstribusi apa yang akan anda berikan?


Agar menjadi warga Negara  yang baik saya akan mentaati segala peraturan yang belaku, mengaplikasikan setiap nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dan juga menjadikan pancasila sebagai ideologi dalam cara bepikir, karena pancasila menjadi titik acuan kita.
konstribusi yang saya lakukan untuk itu ialah mengikuti atau turut serta bersuara dalam politik contoh nya partai politik, menjadi warga yang anti korupsi, mengharumkan nama bangsa dengan mengatasnamakan Negara kesatuan Indonesia contoh nya mengikuti olimpiade international di bidang ilmu Pengetahuan  ,dan aktif mengikuti perkembangan kemajuan IPTEK demi memajukan bangsa .

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 3 Sistem Input/Output Pada Komputer

Rectifier (Penyearah Gelombang) dan Jenis-jenisnya

SCR (Silicon Controlled Rectifier) dan Prinsip Kerjanya