Effisiensi Spektrum Luminasi

Gelombang elektro magnet mempunyai panjang gelombang dalam daerah yang sangat lebar. Dari seluruh daerah gelombang elektromagnet tersebut, hanya sebagian sempit saja yang bisa di indra oleh mata yaitu daerah gelombang elektromagnet sinar dengan panjang gelombang 380 nm hingga 780 nm. Daerah tersebut terhadap mata akan memberikan kepekaan cahaya dan kepekaan mata.
Daerah Tampak
Mata manusia tidak mempunyai kepekaan yang seragam dalam daerah tampak. Sensitivitas terbesar berada pada panjang gelombang, yang lebih atau kurang sensitivitas mata akan menurun. Grafik effisiensi spektrum luminansi ditunjukkan pada gambar dibawah.
Effisiensi Spektrum Luminasi
Effisiensi Spektrum Luminasi
Dalam hal lain, sinar berwarna pada umumnya tidak monokromatis; tetapi terdiri dari campuran beberapa sinar monokromatis. Banyaknya energi sebagai fungsi panjang gelombang disebut distribusi spesifk cahaya. Indra terhadap warna ditimbulkan oleh komposisi spektrum cahaya tersebut. Pada kenyataannya jarang terlihat langsung sumber cahaya melainkan terlihat cahaya yang direflesikan dari sumber obyek. Karateristik spektrum refleksi dan transmisi masing-masing disebut reflektansi dan transmitransi spektrum

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 3 Sistem Input/Output Pada Komputer

Rectifier (Penyearah Gelombang) dan Jenis-jenisnya

SCR (Silicon Controlled Rectifier) dan Prinsip Kerjanya